Pengkaderan HPPMI Maros Komisariat Unhas-PNUP


Kebersamaan HPPMI Maros Kom.Unhas-PNUP
La’bakkang, Pangkep, 9-10 Februari 2013. Pengurus HPPMI Maros Kom.Unhas-PNUP mengadakan Basic Analisis Camb (BACA) sebagai langkah awal pengenalan, perekrutan, dan pengkaderan untuk anggota baru HPPMI Maros Kom.Unhas-PNUP. Yang menjadi peserta di BACA kali ini kesemuanya adalah mahasiswa unhas angkatan 2011 dan 2012, sebanyak 17 orang. Entah  kurangnya informasi atau bagaimana sehingga tidak ada satu pun mahasiswa PNUP yang menjadi peserta.
Himpunan Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa Indonesia Maros atau disingkat HPPMI Maros Kom.Unhas-PNUP adalah sebuah wadah berhimpunnya semua mahasiswa Unhas-PNUP yang berasal dari daerah Maros atau yang memiliki nilai emosional dengan Kota Maros, sehingga dalam wadah ini kita bisa saling mengenal dan menyambung tali persaudaraan sesama warga serumpun kita di kota Butta Salewangang.
Ada banyak pengalaman berharga yang sulit untuk dilupakan disini. Nilai kebersamaan, persaudaraan, dan kerja sama terjalin di sini. Seperti halnya pengkaderan organda – organda atau ortom – ortom atau organisasi internal dan  eksternal lainnya, kita juga disuguhkan berbagai macam  materi yang erat kaitannya dengan dunia kemahasiswaan.
Hari pertama BACA , kami semua anggota baru HPPMI Maros Kom.Unhas menerima lima buah materi dari senior – senior yang bukan saja mahasiswa Unhas tetapi juga mahasiswa dari universitas lain, seperti dari Politani dan UIN Alauddin Makassar . Ini membuktikan bahwa kerjasama HPPMI pusat dan semua komisariat di berbagai perguruan tinggi dapat bekerja sama dan menjalin persaudaraan dengan sangat baik.
Materi pertama yang diberikan adalah ke-HPPMI-an, materi ini menyangkut tentang historis HPPMI Maros dari awal berdirinya sampai sekarang ini. Materi kedua adalah negoisasi dan retorika, yaitu teknik atau seni dalam berbicara dalam menyusun kata – kata guna mempengaruhi orang lain. Materi ketiga adalah manajemen konflik, yaitu bagaimana kita mengatur atau mengorganisasikan konflik di sekitar kita. Materi keempat adalah identitas mahasiswa, di sini kita diajarkan bagaimana sebenarnya mahasiswa itu, bagaimana proses siswa bisa menjadi maha yang disebut dengan mahasiswa. Ciri mahasiswa biasa disingkat dengan kata RAKUS, bukan rakus dalam arti serakah atau tamak, tetapi di jabarkan dalam beberapa kata yaitu Rasional, Analisis, Kritis, Universal, dan Sistematis. Dan sampailah pada materi terakhir tentang manajemen organisasi, dimana kita di beri tahu akan pentingnya ilmu manajemen dalam organisasi yaitu sebagai Hidding Self dan Open Self. Serta mengaplikasikan kata – kata yang terdapat dalam POAC, yakni Planing, Organizing, Actuating, Controling, dan Evaluation.
menerima materi
Malam harinya. Prosesi yang biasa dilakukan untuk menyambut anggota baru dalam sebuah organisasi pun di gelar. Ini memang bukan yang pertama kalinya buat saya, tetapi sangat berkesan. Mungkin uji mental adalah tujuannya. Kami semua anggota baru HPPMI unhas dibangunkan tepat lewat tengah malam, sekitar pukul 2 – 3 subuh. Mata kami ditutup, disuruh berjalan sendiri melewati beberapa post yang sudah disiapkan, setiap post kami ditanya dengan berbagai pertanyaan. Tak kusangka, setelah melewati semua post, kami di suruh melompat ke dalam empang, masih dengan mata tertutup kain. Dalam hati saya berkata mana mungkin senior kami rela membiarkan kami lombat ke dalam air yang tentunya tidak dangkal.
 
menunggu panggilan pos selanjutnya


katanya disuruh lonpat ke empang, kok saya senyum yah?? hehe

Dan ternyata betul, mereka semua hanya mengerjai kami. Endingnya kami di arahkan duduk melingkar, saling berpengangan tangan, mengucapkan janji persaudaraan dan janji mahasiswa. Setelah itu dibukalah tutup mata kami. Para senior dan anggota baru pun saling maaf memaafkan. Sungguh malam yang sangat melelahkan. Tetapi menyimpan begitu banyak kenangan. Kenangan ukhuwah di HPPMI Maros Kom.unhas – PNUP.

mambasuh air yang diberikan ketua HPPMI Unhas (kak Amul Hikmah)
Dan tibalah hari kedua sekaligus hari terakhir di Basic Analisis Camb ini. Kita semua, pengurus dan anggota baru HPPMI mengadakan outbound di sekitar vila. Kita main berbagai macam games yang didampingi oleh senior. Yang paling menarik adalah kita semua bermain game di tengah lumpur empang. Perasaan jijik dan terlihat jorok memang ada. Dan ini pengalaman  pertama menginjakkan kaki di atas lumpur yang hampir selutut. , tetapi walau begitu kami tetap senang, merasakan bagaimana nilai kerja sama dan persaudaraan yang terjadi antara kita semua. 



games lumpur

Terima kasih untuk semua kakak – kakak senior HPPMI Maros, terima kasih buat semua teman – teman baru seangkatanku di HPPMI Maros, telah memberikan pengalaman berharga dalam hidup saya. Mengenal kalian adalah sebuah keajaiban.
Banyak sebenarnya pengalaman yang saya dapat di sini dan tidak bisa saya ceritakan satu – satu secara detail. Setiap detiknya sarat akan makna, setiap momentnya sangat berharga. Kalian salah satu guru kehidupanku.
Dan akhirnya,  di harapkan kepada semua anggota HPPMI Maros agar menjadi generasi mahasiswa yang kritis dan inteleg dalam bumi merah – hitam butta salewangang, seperti yang menjadi tema dalam Basic Analisis Camb 2013. Setelah hari ini, esok apalagi? Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi? Hidup HPPMI, Hidup mahasiswa, Hidup Maros Butta Salewangang.


Radiah Annisa Nasiruddin

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan Sampai Mereka Tahu Aku Lesbi

Puisi: Tugu Monas Ibu Kota

Namaku dari Sudut Pandang Makhluk Lain